Banyak yang Tak Tahu Kisah Seram Dibalik Lagu ‘Nina Bobo’

nina-bobo

Hampir semua orang mengenal lagu ‘Nina Bobo’. Salah satu lagu pengantar tidur yang cukup popler di Indonesia. Meski demikian, tidak banyak yang mengetahui jika ada cerita yang cukup menyeramkan mengenai lagu tersebut.
Seperti dilansir sooperboy.com, lagu ‘Nina Bobo’ ternyata menyimpan sebuah rumor misteri.
Konon, judul lagu tersebut diambil dari nama seorang gadis berdarah campuran Indonesia dan Belanda yang memiliki nama asli Helenina Mustika Van Rodjnik. Gadis cilik kelahiran tahun 1871 ini semenjak belia suka dinyanyikan oleh ibunya menjelang tidur. Ia memang termasuk anak yang sulit tidur.
Oleh karena itu, ibunya selalu mendampinginya saat malam untuk menyanyikan lagu hingga Nina bisa tidur terlelap. Karena sudah menjadi kebiasaan, maka akhirnya menyanyi menjelang tidur menjadi sebuah ritual wajib agar Nina, anak dari Kapten Van Rodjnik tersebut bisa istirahat.
Istri Kapten Van Rodjnik akhirnya membuatkan lirik khusus untuk lagu pengantar tidur Nina. Lirik dan lagu tersebut kini populer karena saat itu, banyak juga yang menirukan kebiasaan dari keluarga Kapten Van Rodjnik.
Hingga pada suatu ketika, tepatnya tahun 1877 Helenina meninggal dunia karena sakit keras yang dideritanya semenjak dua tahun sebelumnya.
Setelah kebergian bocah berumur 6 tahun tersebut, banyak kejadian aneh yang dialami oleh keluarga Kapten Van Rodjnik. Satu hari pernah sang suami menemukan istrinya sedang menyanyikan lagu ini seorang diri di dalam kamar mandi. Konon kata sang istri mendengar suara tangisan Helenina disana sehingga sang ibu harus menyanyikan lagu Nina Bobo itu.
Ternyata, ibu Helenina yang mantan seorang penari masih sering menyanyikan lagu itu tiap hari. Ia mengaku mendengar anaknya menangis jika dirinya tak menyanyikan lagu tersebut.
Wanita itu terus menyanyikan lagu tersebut hingga bertahun-tahun kemudian sampai dia meninggal pada tahun 1929.
Ternyata, cerita seram mengenai tangisan bocah tersebut tidak berhenti sampai istri Kapten Van Rodjnik meninggal. Kapten Van Rodjnik sepeninggal anak dan istrinya tinggal sendirian di rumah tua tersebut mengaku sering mendengar suara anaknya menangis.
Hingga pada suatu malam, Kapter Van Rodjnik karena sangat lelah dia tertidur lebih cepat dari biasanya. Ia lupa tidak menyanyikan lagu Nina Bobo.
Kapten Van Rodjinik akhirnya terbangun oleh tangan bocah usia sekitar enam tahun yang mengiyang-goyangkan badannya.
“Papa, Papa … kok Papa ngga nyanyi buat Nina?” kata bocah itu.
Legenda yang beredar, jika seorang bayi terlelap setelah dinyanyikan lagu ini, maka bisa jadi Helenina datang untuk membuat bayi tersebut tidur terlelap hingga keesokan harinya.
Konon, Nina Bobo masih sering muncul dengan perawakan seperti noni-noni Belanda usia sekitar enam atau tujuh tahun namun wajahnya seperti nenek-nenek.
Masih berani menyanyikan lagu ‘Nina Bobo’