Tips Menyiasati Harga Cabai yang Bikin Pedas Dompet

gara-gara-ini-petani-cabai-merugi

Ladies, awal tahun 2017 menjadi momen galau buat para ibu-ibu sebagai pengatur keuangan di rumah tangga. Sebabnya harga cabai yang tidak masuk akal yakni Rp100 ribu per satu kilogramnya –nyaris setara harga daging sapi.
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, musim hujan yang terjadi selama 2016 yang menyebabkan mahalnya harga cabai. Pasalnya hujan membuat komoditas itu belum dapat dipanen. “Produksi cukup, cuma tidak boleh panen kalau musim hujan,” kata Menteri Amran seperti dilansir dari merdeka.com, Selasa (3/1).
Hal ini dibenarkan oleh Nila Kristiana yang sehari-hari adalah tengkulak cabai di Pasar Induk, Jakarta Timur. Menurut Nila, cabai adalah bahan pokok yang tetap dicari meski harganya membumbung. Harga jual cabai rawit merah tadinya hanya di bawah Rp30 ribu per kilogramnya. Tapi hari ini, Rabu (4/1), melonjak hingga lebih dari Rp100 ribu dengan bobot sama.
“Ini ada risiko uangnya juga buat kami. Risiko uangnya terlalu tinggi karena banyak yang membelinya secara utang lebih dulu,” cerita Nila pada kru vemale.com.
Sebagai “Menteri Keuangan” di rumah, adalah tugas para Mom untuk mengatur kenaikan harga ini agar tak berpengaruh pada masakan di rumah. Tapi tetap saja kenaikan signifikan dirasakan pahit oleh ibu rumah tangga. Seperti yang dirasakan Gestina, ibu 29 tahun asal Depok, Jawa Barat.
“Cabai rawit segini (kantung plastik kecil) Rp10ribu. Pedasnya sampai bikin nangis dompet,” ujar Nina yang menghitung hanya ada 20 cabai di dalamnya.
“Itu sekarang sama tukang sayurnya kalau jualan udah diplastikin Rp10-ribuan sama dia. Dulu’kan bebas milih, sekarang tinggal pilih mau plastik yang mana,” tambahnya.
Untuk menyiasatinya, Gestina menggunakan cabai keriting dibanding cabai rawit. Dikatakan ibu dua anak ini bahwa harga cabai keriting masih Rp3.000-an. Sehingga semua masakan yang menggunakan cabai akan dialihkan menggunakan cabai keriting.
Atau bisa juga kamu mulai dari sekarang mulai menanam cabai sendiri di rumah. Ngga sulit kok, kamu tinggal mencari bibit cabai dan ditanam di polybag maupun pot ukuran besar. Rawat sebaik mungkin dan dia akan tumbuh menjadi cabai seksi nan menggiurkan.
Bagaimana dengan kamu Ladies? Jangan sampai harga cabai menghalangi masakan enakmu menjadi hambar. Yuk lihat beberapa resep masakan di vemale.com untuk resep sedap yang bisa mengakali tingginya harga cabai. Jadi.. kita masak apa hari ini?